MPP

Masa persiapan pensiun, adalah masa-masa dimana seorang pegawai dalam waktu tidak terlalu lama akan tidak bekerja lagi diperusahaan. Banyak yang menyarankan agar jauh-jauh hari mempersiapkan mental dan usaha lain setelah tidak bekerja di perusahaan tersebut. Agar tidak terjangkit penyakit Post Power Syndrome yang artinya kira kira Gejala gejala paska kekuasaan yaitu gejala-gejala kejiwaan atau emosi yang kurang stabil. Gejala-gejala itu biasanya bersifat negatif, itulah yang diartikan post power syndrome.

Post Power Syndrome:
Ada beberapa gejala:
  1. Gejala fisik, misalnya orang-orang yang mengalami post power syndrome, kadangkala tampak menjadi jauh lebih cepat tua dibanding pada waktu dia menjabat. Tiba-tiba rambutnya menjadi putih semua, berkeriput, menjadi pemurung, dan mungkin juga sakit-sakitan, menjadi lemah tubuhnya.
  2. Gejala emosi, misalnya cepat tersinggung, merasa tidak berharga, ingin menarik diri dari lingkungan pergaulan, ingin bersembunyi dan sebagainya.
    Gejala perilaku, misalnya malu bertemu dengan orang lain, lebih mudah melakukan pola-pola kekerasan atau menunjukkan kemarahan baik di rumah atau di tempat yang lain.

Bagaimana mengatasi masalah ini? Menurut saya tergantung dari pada tingkat kematangan, latar belakang, mental, kecerdasan emosi dan tingkat iman seseorang. Secara umum syndrome ini bisa kita katakan sebagai masa krisis dan kalau digolongkan krisis ini adalah semacam krisis perkembangan. Dalam arti, pada fase-fase tertentu di dalam kehidupan kita, kita bisa mengalami krisis-krisis semacam ini. Pada gejala post power syndrome ini, khususnya adalah krisis yang menyangkut satu jabatan atau kekuasaan, terutama akan terjadi pada orang yang mendasarkan harga dirinya pada kekuasaan. Kalau misalnya dia tidak mendasarkan dirinya pada kekuasaan, gejala ini tidak tampak menonjol.

Maka dari itu persiapkanlah diri kita sejak dini, bahkan secara sadar sejak kita bekerja di perusahaan. Dimana kita bekerja hanya semata ibadah kepada Allah swt, bahwa semua yang kita miliki ini adalah milik Allah semata termasuk jabatan, kekuasaan adalah merupakan amanah dari Allah yang nanti akan di cabut oleh Allah kelak.

Program Menjelang Pensiun:
Perusahaan sudah mempersiapkan program menjelang pensiun misalnya ditawarkan bagi yang memasuki persiapan pensiun untuk memilih bidang usaha yang disenangi misalnya perbengkelan, agrobisnis, peternakan, restoran dll. Para peserta dipanggil bersama istri2 mereka di latih disuatu tempat nyaman beberapa hari. Biasanya peserta mengambil pilihan berdasarkan lokasi pelatihan untuk tamasa saja, karena banyak peserta setelah pelatihan ya tidak menekuni bidang tersebut. Banyak yang menyatakan ingin menikmati masa pensiun dengan tidur2an dirumah bermalas malasan dsb.

Untuk masalah bisnis kebiasaan sebagian besar orang adalah mencontoh sukses orang lain terutama dalah hal bisnis. Hal inilah yang sangat berbahaya, karena mereka tidak menyadari bahwa orang yang sukses itu melalui fase-fase, membutuhkan waktu dan pengorbanan, serta ujian dari kegagalan kegagalan barulah meraih kesuksesan. Bagi orang yang mencontoh bisnis orang yg sukses juga akan melalui fase-fase tersebut. Apakah mereka mampu bertahan atau tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar